strategi pemasaran 4p

Strategi Pemasaran 4P: Langkah Awal Tingkatkan Omzet Bisnis Anda

Menjalankan sebuah bisnis tentu saja tidaklah mudah. Banyak aspek yang harus disiapkan secara matang, salah satunya adalah strategi pemasaran 4P. Penggunaan strategi ini sendiri sudah pasti ditujukan agar bisnis yang sedang kamu jalankan akan berkembang ke arah yang lebih baik. Agar lebih paham tentang pemasaran ini, mari simak ulasannya berikut ini. 

Pengertian Strategi Pemasaran 4P 

Tujuan dari strategi pemasaran adalah agar ada peningkatan dalam penjualan sehingga bisnis bisa mencapai target yang dicapai. Sedangkan strategi pemasaran 4P adalah singkatan dari product, price (harga), place (tempat) serta promotion (promosi). Dimana strategi ini juga tidak hanya digunakan pada bisnis dengan skala besar. Tapi bisnis UMKM pun juga perlu menggunakan strategi ini. 

Strategi yang satu ini sendiri dipopulerkan oleh Neil Burden di tahun 1950-an. Di dalam strategi marketing ini, terdapat 10 unsur dan 4 unsur yang sudah disebutkan adalah yang paling dasar. Walaupun ada pengembangan dan penyempurnaan yang dilakukan oleh Jerome McCarthy, tapi memang pondasi utamanya adalah 4P. 

Strategi ini juga sering disebut dengan marketing mix 4P dan bisa diartikan sebagai bauran pemasaran dan berikut ini adalah penjelasan dari setiap variabelnya: 

Product 

Jelas dalam pemasaran product atau produk adalah hal paling penting. Produk ini tidak hanya berbentuk benda saja, tapi juga jasa. Ketika tidak ada produk, maka apa yang akan diberikan harga? Produk adalah elemen paling dibutuhkan saat akan menjalankan sebuah bisnis. Mengembangkan produk sebelum memasarkan menjadi bagian krusial dalam bisnis. 

Agar bisa mendapatkan produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dari konsumen, maka perlu dilakukan serangkaian cara. Misalnya adalah dengan menjalankan survey dan menerima saran serta kritik supaya produk bisa terjual ke target pasar. Dalam prakteknya ada faktor yang mempengaruhi keputusan dalam produk, yaitu: 

  • Fitur 
  • Kemasan 
  • Kualitas 
  • Nama brand dan logo 
  • Variasi dari produk 
  • Dan keunikan atau perbedaan dari produk kompetitor. 

Baca juga

Ide Jualan Online yang Laku Setiap Hari

Price 

Diartikan sebagai harga adalah elemen paling penting dalam strategi pemasaran 4P. Harga adalah sebuah nilai yang ditetapkan dan nantinya akan menjadi patokan ketika pembeli membayar produk yang ditawarkan. Harga berperan penting dalam keputusan pembeli yang kerap kali membandingkan terlebih dahulu produk kemudian baru melihat harga. 

Dalam menetapkan harga juga harus menggunakan strategi yang tepat agar tidak terlalu mahal atau murah. Lebih baik mengetahui terlebih dahulu HPP atau harga pokok produk. Agar persaingan juga sehat dan mampu meningkatkan penjualan ke arah yang lebih baik. Adapun hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin menetapkan harga, yaitu sebagai berikut: 

  • Nilai dari sebuah produk atau jasa 
  • Diskon serta promo 
  • Keuntungan
  • Dan perbedaan harga dari pihak kompetitor

Place 

Memiliki arti tempat adalah elemen pemasaran yang harus dipilih dengan matang. Diharapkan pemilihan tempat ini sangatlah strategis. Maksud dari tempat yang strategis adalah yang dekat dengan target pemasaran serta ramai dan mudah untuk digapai. Dengan pemilihan tempat yang tepat, maka pelanggan akan dengan mudah membeli barang atau jasa yang dipasarkan. Untuk komponen dari tempat yang harus diperhatikan adalah: 

  • Jenis tempat 
  • Logistik 
  • Cara memasan 
  • Penanganan produk 
  • Cara untuk mendistribusikan 
  • Pergudangan 
  • Melihat lokasi dari saingan. 

Promotion 

Promosi mempunyai dua tujuan yang sangat jelas, pertama adalah untuk membuat orang aware atau sadar dengan brand yang dipasarkan dan kedua agar orang dapat tertarik untuk membeli atau menggunakan produk. Dalam melakukan promosi biasanya akan berfokus pada cara berkomunikasi dengan calon pelanggan. 

Perkembangan zaman yang semakin maju juga memberikan banyak perubahan dalam strategi promosi. Pebisnis sekarang bisa berpromosi tidak hanya menggunakan media konvensional saja, tapi juga digital media. Contohnya adalah memasarkan menggunakan Facebook Ads, Google Ads dan lain sebagainya. Tentu saja ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat menjalankan strategi promosi, yaitu: 

  • Media yang akan digunakan untuk promosi 
  • Waktu untuk menjalankan promosi
  • Dan melihat strategi pemasaran dari kompetitor. 

Baca juga

Cara Membuat Konten yang Hasilkan Cuan

Contoh dalam Strategi Pemasaran 4P 

Setelah memahami 4P dalam strategi marketing ini, maka untuk memudahkan kamu dalam menjalankannya harus tahu contoh strategi pemasaran 4P. Berikut ini adalah contohnya: 

Mari kita lihat pemasaran dari Kopi Janji Jiwa yang sekarang ini banyak digemari berbagai kalangan. 

  1. Produk 

Produknya sudah kopi yang dijual dengan menggunakan cup dengan ukuran besar dan kecil. Kemudian, varian rasa yang diberikan tidak hanya kopi biasa, ada juga kopi susu, kopi matcha serta makanan seperti toast dengan aneka isian. 

  1. Price 

Harga yang ditawarkan sangat bervariasi, dimana terdapat pilihan harga dari produk yang dibedakan dari ukurannya. Misalnya Americano dengan cup reguler dan besar memiliki perbedaan harga Rp. 4.000. Adapun paket bundle, seperti membeli 4 cup Americano akan lebih murah daripada satuan. 

  1. Place 

Tempat dari kedai Kopi Janji Jiwa adalah mulai dari kios di ruko hingga masuk mall. Dengan harga satu sama lain tidak banyak perbedaan. Tidak hanya itu saja, pemesanan online berjalan dengan bekerja sama dengan food delivery. 

  1. Promotion 

Promosi yang dilakukan mulai dari menggunakan media sosial dan food delivery dengan memberikan diskon, voucher potongan harga dan lain sebagainya pada waktu tertentu.

Demikianlah penjelasan akan strategi pemasaran 4P yang menjadi dasar untuk menjalankan usaha agar berkembang dan memperoleh untung yang ditargetkan. 

Leave a Reply