perbedaan domain dan hosting

5 Perbedaan Domain dan Hosting yang Harus Diketahui 

Banyak yang masih tidak mengetahui perbedaan domain dan hosting, dimana keduanya sama-sama memegang peranan penting dalam website. Tanpa domain dan hosting sudah tidak mungkin akan ada website. Lalu, apa perbedaan antara keduanya? Untuk memahami lebih jauh, ikuti terus ulasannya di bawah ini. 

Perbedaan Domain dan Hosting 

Pada dasarnya memang keduanya sangatlah berbeda. Untuk lebih memahaminya, maka lebih baik melihat terlebih dahulu pengertian dari domain dan hosting agar bisa tahu apa perbedaannya. 

Pengertian domain 

Domain adalah alamat atau nama dari website. Dengan adanya domain ini, maka pengunjung pun akan dengan mudah menemukan website yang kamu miliki. Jika tidak ada domain, berarti tidak ada nama website. Dimana artinya juga websitemu tidak akan ditemukan. Sehingga perlu sekali kamu membuat nama domain yang mudah diingat. 

Domain sendiri selalu diakhir dengan .id, .com, .co.id dan masih banyak lagi. Kamu dapat memilih yang sekiranya memang bisa disatukan dengan nama yang kamu buat. Misalnya adalah seperti Facebook.com, twitter.com dan lain sebagainya. Dari dua contoh tersebut kamu pun sudah bisa melihat betapa pentingnya nama domain ini. 

Pengertian Hosting 

Sering disebutkan juga sebagai web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file serta data dari website dengan tujuan untuk bisa diakses secara luas oleh masyarakat melalui internet. 

Data dan file yang dimaksudkan adalah seperti gambar, video, aplikasi, script serta database. Tanpa adanya hosting sudah pasti kamu tidak akan bisa memiliki sebuah website. Maka daripada itu sudah pasti akan menyewa hosting dulu, baru memiliki website. 

Ketika data website memiliki kapasitas yang besar, maka hosting yang harus kamu sewa juga harus besar. Hal ini agar akses masuk ke dalam website tidak terlalu berat sehingga pengunjung tidak akan mendapatkan kesulitan. Jadi, kamu harus benar-benar memperhatikan ukuran dari hosting. 

Baca juga

Apakah itu Copywriting? Berikut penjelasan dan contohnya

Perbedaan Domain dan Hosting Lebih Jauh 

Dari pengertiannya, maka sudah sangat terlihat perbedaan domain dan hosting. Tapi, ada beberapa perbedaan lain juga harus kamu tahu agar semakin memahami antara keduanya. Berikut ini adalah perbedaannya: 

Fungsi hosting dan domain 

Tadi sudah disebutkan secara garis besar fungsi antara domain dan hosting. Domain berfungsi untuk mengganti alamat IP sehingga pengunjung bisa masuk atau mengakses website kamu dengan lebih mudah. Sedangkan untuk hosting berfungsi untuk menyimpan data yang berkaitan dengan website. 

Development atau pengembangan 

Perbedaan selanjutnya antara domain serta hosting adalah dari pengembangannya. Keduanya memang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan ketika kamu mengembangkan sebuah bisnis. Domain memiliki pengaruh yang besar terhadap server hosting dan juga sebaliknya. Pengembangan domain akan dipengaruhi dari jenis yang dipilih. 

Contohnya adalah ketika kamu memilih domain dengan akhiran .com serta .id yang dikenal paling banyak digunakan, maka kamu pun membutuhkan sebuah perangkat yang sangat rumit. Sama dengan hosting, karena dalam sisi pengembangannya harus seimbang dengan kecepatan akses, kamu membutuhkan kapasitas yang juga besar. 

Bentuk hosting dan domain 

Perbedaan selanjutnya yang juga harus kamu ketahui antara keduanya adalah dari bentuknya. Hosting sangat jelas sekali dan bisa diamati dengan mudah. Hal ini sendiri karena kebanyakan hosting akan menampilkan berapa sisa dari kapasitas yang dimiliki. Bentuknya pun bisa dalam perangkat keras atau lunak. 

Kemudian, untuk domain bentuknya tidak terlihat karena hanya memperlihatkan URL atau alamat saja di internet. Sehingga dalam kenyataannya, domain tidak mempunyai bentuk yang tetap serta untuk bisa digunakan harus dituliskan dengan jelas dan benar. 

Baca juga

7 Manfaat website bagi perusahaan

Jenis antara domain dan hosting 

Jenis antara hosting dan domain juga sangatlah berbeda. Sebelumnya pun sempat disinggung sedikit akan jenis dari domain dan hosting ini. Hosting sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu VPS, Cloud Hosting dan VPS. Lalu, untuk domain sendiri adalah seperti .id, .com, .net, .org dan lain sebagainya. Adapun tingkatan atau level dari domain yang juga dibagi menjadi Top, Second level dan third level. 

Harga 

Perbedaan yang sangat selanjutnya adalah dari harga. Domain serta hosting mempunyai biaya yang harus kamu siapkan. Rentan harga untuk keduanya juga sangatlah jauh berbeda. Biasanya biaya ini akan dihitung perbulan. Untuk hosting harga yang sering ditawarkan adalah mulai dari 10 ribu rupiah sampai 500 ribu. Tentu saja tergantung dari jenis hosting apa yang kamu pilih. 

Sedangkan untuk domain sendiri juga beragam. Biasanya mulai dari 10 ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Hal ini juga tergantung dari eksistensi dari alamat yang kamu pilih. Semakin terkenal atau banyak yang menggunakannya sudah pasti akan semakin mahal. Jadi, kamu harus benar-benar memilih yang tepat. 

Demikianlah perbedaan domain dan hosting yang perlu kamu ketahui. Apabila kamu membutuhkan jasa domain dan hosting yang terpercaya, Webly adalah pilihan yang tepat. Dimana kamu akan mendapatkan domain dan hosting yang kamu butuhkan. 

Leave a Reply