contoh content marketing

Pengertian dan Contoh Content Marketing dalam Strategi Bisnis 

Strategi bisnis sekarang mengalami perkembangan yang sangat jauh sekali. Tidak hanya dengan strategi pemasaran media cetak, tapi juga sekarang sudah beralih ke digital. Dimana content marketing sedang menjadi pilar paling kuat untuk meningkatkan penjualan. Lalu, apa saja contoh content marketing? Untuk memahaminya lebih jauh, simak ulasannya berikut ini. 

Pengertian dari Content Marketing 

Namun, sebelum mengetahui apa saja contoh dari content marketing, maka lebih baik kamu memahami terlebih dahulu pengertiannya. 

Content marketing adalah salah satu dari strategi pemasaran yang menggunakan media digital saat membuatnya serta mendistribusikannya, dimana konten yang dibuat berkaitan serta bermanfaat sehingga menarik perhatian dari target pasar yang nantinya akan ikut terlibat dan menjadi seorang pelanggan. 

Sedangkan menurut Forbes, content marketing merupakan sebuah teknik pemasaran yang akan melibatkan pembuatan serta penyebaran suatu konten yang memiliki nilai, relevan serta konsisten sehingga nantinya konsumen akan tertarik. 

Dari penjelasan di atas, maka kita dapat mengambil kesimpulan ada tiga hal wajib dalam pembuatan content marketing ini, yaitu relevan atau berhubungan, penting serta konsisten. Sehingga dalam pembuatannya pun tidak boleh sembarangan atau asal. Karena tujuannya yang paling utama adalah untuk kepentingan bisnis. 

Baca juga

Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis

Manfaat dari Content Marketing 

Tentu saja ketika menjalankan strategi content marketing sudah pasti akan memberikan manfaat kepada bisnis. Berikut ini adalah manfaatnya: 

Brand awareness akan meningkat 

Manfaat content marketing yang paling utama adalah meningkatnya brand awareness. Dengan menggunakan konten yang relevan, maka calon pembeli juga akan lebih mengenal brand perusahaan. Kesempatan untuk terus memperoleh customer baru juga akan semakin terbuka lebar. 

Meningkatkan konversi pelanggan 

Manfaat selanjutnya dari content marketing adalah mampu meningkatkan konversi pelanggan. Dengan konten, maka konsumen tidak hanya tertarik saja tapi juga akan melakukan tindakan seperti yang diharapkan. Misalnya adalah dengan membeli produk yang ditawarkan. Hal ini tentu saja akan menyebabkan penjualan semakin meningkat dan keuntungan pun didapatkan. 

Meningkatkan kepercayaan pelanggan 

Dengan menjalankan content marketing, maka kepercayaan pelanggan juga akan meningkat. Kepercayaan ini terbangun karena adanya komunikasi melalui sebuah konten. Dengan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, maka kemungkinan pelanggan untuk order ulang juga sangat tinggi. 

Contoh Content Marketing yang Kerap Digunakan 

Dari manfaat yang sudah disebutkan, maka sudah jelas dengan menjalankan strategi marketing ini akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Adapun contoh content marketing yang sering digunakan, yaitu sebagai berikut: 

Infografis 

Contoh pertama adalah infografis yang merupakan content marketing paling banyak digunakan. Dalam content marketing akan berisi berbagai macam info yang berkaitan dengan produk. Info yang ada akan disajikan dalam bentuk singkat, padat dan jelas serta diberikan gambar menarik yang juga masih relevan. 

Video 

Selanjutnya adalah content marketing dalam bentuk video yang sekarang ini juga sedang populer. Jenis content marketing ini adalah membuat sebuah video yang relevan terkait dengan produk yang ditawarkan. Video pun akan dikemas dalam bentuk yang menarik, baik dengan cara soft selling atau hard selling. Sekarang ini video pendek lebih dipilih ketimbang video panjang. Karena penyampaian yang lebih singkat dan juga tepat sasaran. 

Baca juga

Manfaat Website Bagi Perusahaan

Elektronik buku 

Selanjutnya adalah elektronik buku atau sering disebut dengan e-book. Isinya adalah informasi yang lebih detail dari perusahaan serta produk yang ditawarkan. E-book juga mampu memberikan banyak manfaat ketika perusahaan akan mengadakan kampanye dan juga sebagai rasa terima kasih terhadap pelanggan. 

Social media 

Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang social media memegang peranan penting terhadap strategi marketing. Hampir semua orang memiliki social media, sehingga tepat sekali digunakan untuk membagikan konten yang relevan dengan bisnis. Ada banyak platform media sosial yang telah ada sekarang, dimana kamu dapat menggunakannya secara bersamaan untuk mencapai target yang lebih luas. 

Email

Strategi digital marketing dengan menggunakan email sekarang juga masih banyak digunakan. Mengirimkan promosi terkait dengan produk mampu menarik customer secara luas, apalagi bila customer pernah berbelanja produk kamu. 

Website 

Contoh terakhir dari content marketing adalah website atau blog. Contoh yang satu ini juga masih memberikan peluang yang sangat tinggi untuk menarik pelanggan baru. Kelebihan menggunakan website adalah bisa menyajikan informasi secara lengkap dan detail. Sehingga pelanggan akan lebih yakin untuk melakukan pembelian setelah melihat konten yang ada dalam website. Selain itu, menggunakan website juga akan memberikan kesan profesional yang menjadi nilai lebih dari pelanggan. 

Itulah penjelasan akan pengertian serta contoh content marketing yang sering digunakan sekarang ini. Hal paling utama ketika menggunakan strategi ini adalah menciptakan konten yang memenuhi kebutuhan audiens dan masih berkaitan dengan produk yang dipasarkan. Konsisten juga menjadi salah satu kunci agar traffic bisa meningkat dengan pesat. 

Leave a Reply