apakah itu copywriting

Apakah Itu Copywriting? Ini Penjelasan, Fungsi dan Contohnya 

Pernahkah kamu mendengar tentang copywriting? Jika sudah kamu pasti tahu bahwa jenis tulisan yang satu ini berkaitan erat dengan iklan atau marketing. Kekuatan dari copywriting dalam marketing sangatlah kuat sekali dan mampu menarik perhatian khalayak. Lalu, apakah itu copywriting? Simak penjelasannya berikut ini beserta fungsi dan contohnya. 

Apakah itu Copywriting? 

Apakah itu copywriting? Pada dasarnya copywriting adalah sebuah metode yang untuk membuat materi dan ditujukan untuk pemasaran. Dalam copywriting yang hebat, maka akan menarik atau membujuk target audiens agar bertindak sesuai dengan yang kamu inginkan. Contohnya adalah dengan membujuk audiens untuk membeli, membayar dan lain sebagainya. 

Kemudian, ada salah satu ahli yang menyatakan apakah itu copywriting, yaitu Moriarty dan kawan-kawan. Menurutnya copywriting adalah upaya dalam membuat kalimat dengan menonjolkan nilai serta manfaat dari merek. Dimana dalam proses pembuatannya pun juga harus memiliki kemampuan daya cip serta seni di dalam kalimat periklanan. 

Awal mula adanya copywriting ini ditujukan untuk membuat sebuah iklan, sales letter serta papan iklan. Tidak hanya itu saja, media pemasaran pun memanfaatkan tulisan yang satu ini. Sehingga teknik kepenulisan yang akan menarik audiens ini disebut dengan copywriting. 

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, copywriting pun semakin dibutuhkan tidak hanya untuk sarana marketing dalam penjualan produk saja. Tapi, juga untuk membuat naskah, podcast bahkan video. 

Dunia digital marketing juga sekarang menggunakan copywriting untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, membuat konten dan lain sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keberadaan copywriting masih sangat diperlukan sampai sekarang. 

Baca jua

Cara Membuat Konten Menarik yang Bisa Hasilkan Cuan

Fungsi dari Copywriting 

Lalu, apa pentingnya copywriting? Dari penjelasan di atas, maka copywriting sekarang ini memiliki ikatan yang erat dengan sebuah pemasaran atau marketing dalam dunia bisnis. Tentu saja ada banyak sekali fungsi yang akan didapatkan dari teknik penulisan ini. Berikut ini adalah fungsinya: 

Membangun citra dari sebuah perusahaan 

Fungsi yang pertama adalah untuk membangun citra perusahaan. Dengan menerapkan copywriting dalam media yang digunakan oleh perusahaan, maka akan tercipta sebuah citra yang akan melekat di kalangan masyarakat. Tentu saja, dengan copywriting yang baik, citra perusahaan pun akan ikut baik di mata masyarakat. 

Bisa lebih dekat dengan masyarakat 

Copywriting juga mampu membangun hubungan yang kuat dengan masyarakat. Dengan copywriting yang menyentuh akan membangun ikatan emosional dalam sebuah brand atau produk. Kedekatan yang terjadi akan membuat masyarakat percaya dengan perusahaan dan penjualan bisa terjadi secara konstan. 

Untuk promosi 

Fungsi selanjut dari copywriting adalah untuk menjalankan promosi. Bisa dikatakan fungsi ini adalah tujuan utamanya, yaitu menarik audiens sehingga promosi pun akan berhasil. Sehingga terjadi pembelian secara konstan. Tanpa adanya copywriting, maka sebuah promosi tidak akan menarik perhatian dari audiens. 

Brand akan dikenal lebih luas 

Fungsi terakhir adalah brand akan dikenal lebih luas lagi. Dengan copywriting yang tepat dan menarik, maka secara otomatis brand akan tertanam di benak masyarakat. Ketika proses branding ini telah berhasil, penjualan pun akan ikut meningkat. Karena masyarakat sudah kenal dengan brand perusahaan milikmu. 

Cara Membuat Copywriting dan Contohnya 

Lalu, bagaimana cara membuat copywriting? Berikut ini adalah tahapannya: 

Pelajari produk 

Sebelum membuat copywriting, ada baiknya kamu mempelajari produk yang akan dipasarkan. Karena tujuannya adalah untuk memasarkan atau mempromosikan sebuah produk baik barang dan jasa, maka sudah pasti harus memahaminya terlebih dahulu. Dapatkan sebanyak mungkin informasi yang terkait dengan produk tersebut. 

Memahami kebutuhan target pasar 

Selanjutnya, kamu juga harus memahami dengan benar akan kebutuhan dari target pasar. Karena kamu disini menjual sebuah produk yang akan memberikan solusi. Sehingga kamu harus paham akan kebutuhan audiens. Dengan memahami mereka, maka fungsi yang mampu menjalin hubungan erat serta komunikasi dapat berjalan dengan lancar. 

Headline yang menarik 

Dalam copywriting sangat berkaitan erat dengan headline atau judul. Dalam penulisan copywriting, maka kamu harus membuat sebuah judul yang menarik dan membuat audiens tidak hanya sekedar membaca saja. Tapi, juga bertindak sesuai dengan tujuan yang kamu mau. 

Timbulkan kesan kelangkaan

Sebuah produk yang langka pasti akan menarik perhatian audiens. Buatlah produk Anda seakan-akan terbatas sehingga audiens langsung mengambil tindakan konversi setalah membaca copywriting Anda. Berikut conoth kesan kelangkaan yang bisa Anda gunakan:

  • Cuma hari ini, Diskon 25%. Besok harga kembali normal. 
  • Hanya untuk 5 orang, beli sekarang sebelum slotnya habis! 

Isi yang tidak bertele-tele 

Kemudian, buatlah isi yang bertele-tele. Pastikan isinya juga akan menarik perhatian dari audiens dan jangan terlalu keluar jalur dari headline yang dibuat. Dengan begini, audiens akan membaca hingga habis yang kamu sampaikan. 

Baca juga:

Ide Jualan Online yang Laku Setiap Hari

Jual mimpi audiens Anda

Produk yang baik adalah produk yang dapat memecahkan masalah konsumennya. Maka dari itu penting untuk Anda mengetahui apa mimpi dari audiens Anda. Audiens akan terketuk untuk melakukan konversi jika produk yang kita jual dapat memenuhi mimpi mereka. Berikut contohnya:

  • Bebas jerawat seketika dalam 3 hari
  • Raih untung miliaran rupiah dengan tools marketing ini!

Akhiri dengan CTA 

CTA atau call to action adalah salah satu copywriting yang mengajak audiens untuk melakukan sesuatu. Walaupun sepele, tapi CTA sangat penting sekali kamu tuliskan pada akhir copywriting. Misalnya adalah, “beli sekarang sebelum kehabisan”.

Setelah memahami cara membuatnya, maka selanjutnya kamu harus tahu apa saja contoh copywriting yang baik dan memiliki dampak yang luar biasa. Misalnya adalah copywriting seperti: 

  • Order sekarang!
  • Beli sekarang!

Demikianlah penjelasan tentang apakah itu copywriting yang ternyata masih berperan penting dalam menarik audiens agar bisa melakukan tindakan yang kamu mau. 

Tak perlu khawatir jika Anda kesulitan dalam membuat copywriting untuk bisnis Anda. Webly bisa membantu Anda membuat copywriting untuk website ataupun media sosial kamu agar bisa menghasilkan konversi yang tingggi. Cek informasi selengkapnya atau hubungi konsultan webly sekarang 

Leave a Reply